EVENT MICE ORGANIZER

Lini bisnis usaha CV PUTRA WIJAYA selain Tours Travel Agent salah satunya yaitu Event Planner dan MICE Organizer (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) di Indonesia. Dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran. Kini, MICE juga lebih dikenal dengan istilah The Meetings Industry.

CV Putra Wijaya memiliki perijinan legalitas lengkap, PKP Wajib Pajak dan rekening perusahaan juga jelas. Layanan Event Planning Organizer dan Exhibition Management sangat diperhitungkan sehingga seringkali melayani client VIP Event Artis, Instansi hingga Perusahaan Swasta Nasional.

Event Planner EO MICE Organizer Paket Wisata Jakarta Bogor Tour

Apa Saja Lini Bisnis Perusahaan CV PUTRA WIJAYA, selain Event Planner & MICE Organizer?

Indonesia memiliki peluang dan potensial yang luar biasa dalam industri MICE ini. Dengan menggunakan kanvas model bisnis dan peta empati, analisis bisnis event organizer ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang komprehensif sehingga para pelaku usaha di bidang MICE Organizer mampu memenuhi permintaan pasar dan mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

  1. Biro Perjalanan Wisata (Tour Travel)
  2. Rental Car with Driver (Sewa Mobil Mewah VIP Toyota Alphard, Vellfire, Fortuner VRZ, Hiace Commuter, Luxury, Premio, Mercy Mercedes Benz Sprinter, Toyota Innova Reborn, Avanza, Isuzu Elf Long).
  3. Agen Perjalanan Wisata (Reservasi untuk Group Maskapai Domestik & International, Agen Resmi Sewa Bus Pariwisata).
  4. Event Planner & MICE Organizer
  5. Rental Laptop & Perlengkapan Multimedia. Official Website: https://www.rental-komputer.com
  6. Operator Sailing Trip Indonesia. Official Website: https://sailingtripindonesia.id

Apa Peran Divisi Event MICE Organizer pada Industri Pariwisata?

MICE adalah cara untuk meningkatkan lama tinggal wisatawan terutama bagi wisatawan nusantara (wisnus), dan jumlah pengeluaran di tempat wisata. Sebab, pelancong MICE merupakan sumber pemasukan pariwisata yang cukup besar. Melalui MICE, keperluan untuk tempat pertemuan meningkat.

Potensi usaha MICE di Indonesia terlihat dari banyaknya event besar bertaraf internasional yang sering menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah. Indonesia memiliki sumber daya manusia MICE yang profesional, infrastruktur yang berkualitas, sarana dan prasarana akomodasi MICE yang cukup memadai.

Mengapa bisnis MICE dimasukkan ke dalam kegiatan Pariwisata?

Kegiatan Industri MICE sebagai industri baru masa kini menunjukan bahwa mice sebagai salah satu sektor dalam bisnis pariwisata, karena kegiatan mice merupakan kegiatan bisnis wisata yang tujuan utama dari para delegasi atau peserta kegiatan MICE adalah menghadiri suatu kegiatan atau event.

Apa Tugas MICE Organizer?

MICE Organizer bertugas untuk sebagai penyelenggara mengkoordinasikan semua kebutuhan dalam kegiatan agar dapat difasilitasi oleh sektor-sektor yang terlibat. Event Planner MICE Organizer bertanggungjawab terhadap keselamatan peserta dari awal sampai di daerah kegiatan hingga peserta tersebut kembali lagi ke daerah asalnya.

Kategori Layanan Event Planner MICE

Event Organizer (EO) merupakan kegiatan pengorganisasian sebuah kegiatan yang dikelola secara professional, sistematis, efisien dan efektif. Kegiatannya meliputi konsep (perencanaan) sampai dengan pelaksanaan hingga pengawasan dan evaluasi.

1. One Stop Service Agency (IT’S THE)

Merupakan event organizer yang mampu menyelenggarakan berbagai jenis acara baik dalam skala kecil hingga skala besar dari tingkat lokal hingga internasional. Event Organizer (IT’S THE) mengambil tanggung jawab penuh dalam hal ruang, dekorasi, dan lain-lain sesuai kebutuhan dan keinginan klien.

Contoh acara yang diselenggarakan oleh Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu adalah pertunjukan yang memiliki ribuan penonton seperti konser musik, pesta akbar, hingga pertunjukan dan konser musik berkelas internasional.

2. MICE

Mice adalah singkatan dari Meeting, Incentive, Conference, Exhibition. Event organizer di bidang MICE ini adalah penyelenggara acara formal, profesional, dan juga hiburan, seperti pesta atau wisata setelah tujuan awal acara perusahaan tercapai. Jenis kegiatan MICE antara lain:

  1. Exhibition: Ekshibisi merupakan event menampilkan beragam jenis produk perusahaan yang dihadiri oleh banyak pengunjung untuk membeli produk. Event ini mempertemukan peneydia produk dan jasa dengan pembeli dalam satu tempat.
  2. Incentive Tour (Travel Program): Unsur yang terdapat dalam perjalanan insentif adalah bisnis dan wisata. Pada perjalan insentif, kegiatan bisnis dan pariwisata dilakukan bersama untuk mencapai tujuan perusahaan. Perjalanan insentif sering diberikan untuk pegawai di satu perusahaan karena mereka berprestasi. Dalam perjalanan insentif, unsur wisatanya adalah perjalanan ke destinasi yang memiliki daya tarik untuk dikunjungi, sementara unsur bisnis nya adalah menghadiri kegiatan seperti seminar, workshop atau konferensi.
  3. Press Conference: Konferensi merupakan event bisnis yang mengedepankan komunikasi baik komunikasi internal (dalam bentuk pertemuan untuk penjualan, seminar, pelatihan, konferensi tahunan) maupun komunikasi dengan audience seperti konferensi pers atau product launching.
  4. Congress
  5. Convention
  6. Workshop
  7. Seminar
  8. Symposium
  9. Meeting: Pertemuan atau rapat merupakan kegiatan rutin perusahaan, namun dengan adanya perusahaan tingkat korporasi, kebutuhan meeting akan lebih beragam sehingga kegiatannya perlu mendapat perhatian yang lebih baik dari seorang meeting planner (organisasi atau orang yang melakukan perencanaan untuk penyelenggaraan rapat perusahaan).

3. Brand Activation

Brand activation atau aktifasi merek adalah suatu bentuk kegiatan promosi suatu merek dengan cara berinteraksi secara langsung dan mendekatkan diri dengan penggunanya melalui acara atau kegiatan experiential yang menarik perhatian masyarakat.

Goalnya: peningkatan penjualan, peningkatan pengenalan produk, merk di kalangan konsumen.

Kemudian event organizer (IT’S THE) dalam kategori ini bertugas mengadakan event untuk membantu klien mempromosikan brand/brand yang akan diperkenalkan untuk meningkatkan penjualan dan memperkenalkan produk di kalangan konsumen.

  1. Direct Marketing Activation
    Merupakan jenis brand activation yang langsung (direct) berhubungan dengan konsumen. Contohnya seperti wawancara di televisi, radio, media cetak, sampling, dll.
  2. Social Media Activation
    Jenis aktivasi merek ini melakukan beberapa aktivitas online di media sosial seperti email blast, facebook, twitter, dan Instagram.
  3. Promotions Activation
    Aktivasi merek dalam bentuk ini melibatkan promo khusus yang terkait dengan produk atau layanannya. Misalnya seperti mengadakan diskon, launching produk baru, kemasan khusus, penggunaan brand ambassador, dan lain sebagainya.
  4. Marketing Event Activation
    Marketing Event Activation merupakan brand activation yang dilakukan dalam bentuk event. Beberapa kegiatan yang termasuk dalam jenis brand activation seperti kegiatan exhibition, kontes pemilihan Ambassador, arena games, dan lain sebagainya.
  5. Sponsorship Activation
    Dalam aktivasi sponsorship, perusahaan barang/jasa tertentu memberikan bantuan dalam mendanai suatu acara atau kegiatan seperti kegiatan olahraga, musik, dll. Oleh karena itu, brand akan dipromosikan sepanjang acara baik secara tertulis di media (backdrop, lcd, stand khusus) maupun secara lisan oleh MC acara.

4. Music Concert and Entertainment

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat EO dalam kategori ini, baik secara langsung maupun di televisi. Umumnya dalam kategori ini seorang EO akan mengadakan event di bidang entertainment, seperti: festival band (musik), konser, karnaval, festival budaya, dan hiburan yang lain.

5. Wedding Organizer

Penyelenggara acara dalam kategori ini akan bertanggung jawab menyelenggarakan pernikahan klien. Konsep yang kreatif tentunya akan membuat sebuah pernikahan menjadi momen yang sangat berkesan bagi klien.

6. Birthday

Beberapa acara ulang tahun terutama dalam skala yang cukup besar biasanya akan membutuhkan jasa event organizer. Umumnya dalam perayaan ulang tahun ke-17, dimana seorang anak dianggap sudah dewasa.

Organisasi Pelaku Event Organizer

  • INCCA (Indonesia Congress And Convention Association)
  • Himpunan Profesional Konferensi dan Pameran Indonesia (HPKPI)
  • IECA (Indonesia Exhibition Companies Association)

Sertifikat SDM (Certified Event)

SDM MICE Indonesia memiliki nilai kompetitif dan memperoleh pengakuan kompetensi, baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Meningkatkan nilai kompetitif SDM MICE Indonesia melalui sertifikasi kompetensi dapat diperoleh bagi event MICE organizer untuk membantu meningkatkan keterampilan dan kredibilitasnya, diantaranya:

  • Certified Event Registration
  • Certified Event Liaison Officer
  • Certified Event Venue Management
  • Certified Destination Bidding
  • Certified Event Logistic (CEL)
  • Certified Stand Building (CSB)
  • Certified Event Marketing Communication

CV PUTRA WIJAYA – sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang jasa profesional “One Stop Solution for MICE Organizing”, dengan menyediakan segala kebutuhan untuk penyelenggaraan acara dari mulai pre-event hingga post-event.

Kelebihan Event Planner & MICE Organizer CV PUTRA WIJAYA

  • penyelenggaraan EVENT MICE mulai dari pembuatan konsep pre-event hingga post-event.
  • Harga yang kompetitif dan sesuai budget.
  • Menyediakan layanan paket dengan program kegiatan yang menarik, tempat yang cocok, peralatan dan Tenaga SDM mulai dari pembawa acara hingga pembicara yang profesional.
  • Kegiatan Event Organizer dapat dikombinasikan dengan acara wisata (tour)

Keuntungan Event Planner & MICE Organizer

Perusahaan Event organizer (EO) atau yang sering juga disebut dengan event planner bertugas sebagai penyelenggara acara, menyusun suatu acara, mengkoordinasikan semua bagian yang berperan serta memastikan semua orang menikmati acara yang diselenggarakan. Event Planner untuk acara konvensi dan rapat perusahaan MICE, Event Organizer melakukan segala hal yang diperlukan untuk memastikan sebuah acara berjalan dengan lancar, termasuk memilih lokasi, menyediakan katering, hiburan dan vendor lainnya. EO juga mengatur akomodasi dan transportasi untuk peserta acara.

CV Putra Wijaya Divisi Event MICE Organizer bekerjasama dengan beberapa vendor, diantaranya:

  • Professional Exhibition Organizer (PEO)
  • Profesional Conference Organizer (PCO)
  • Stan kontraktor
  • Freight Forwader
  • Supplier
  • Florist
  • Hall Owner
  • Percetakan (Advertising)
  • Akomodasi (Hotel): hampir semua hotel berbintang 5 di Indonesia memiliki fasilitas standar meeting seperti meeting venue, dan departemen yang mengatur berlangsungnya kegiatan MICE di hotel tersebut.
  • Perusahaan Souvenir
  • UMKM Lainnya

18 Kota Destinasi Populer Event MICE Organizer di Indonesia

Destinasi MICE unggulan di Indonesia antara lain:

  1. Event (EO) MICE Organizer di Jakarta
  2. Event (EO) MICE Organizer di Denpasar – Bali
  3. Event (EO) MICE Organizer di Surabaya
  4. Event (EO) MICE Organizer di Medan
  5. Event (EO) MICE Organizer di Batam
  6. Event (EO) MICE Organizer di Padang
  7. Event (EO) MICE Organizer di Bandung
  8. Event (EO) MICE Organizer di Kota Jogja – Yogyakarta
  9. Event (EO) MICE Organizer di Semarang
  10. Event (EO) MICE Organizer di Ujung Pandang (Makassar)
  11. Event (EO) MICE Organizer di Manado
  12. Event (EO) MICE Organizer di Solo
  13. Event (EO) MICE Organizer di Lombok
  14. Event (EO) MICE Organizer di Bintan
  15. Event (EO) MICE Organizer di Palembang
  16. Event (EO) MICE Organizer di Jambi
  17. Event (EO) MICE Organizer di Balikpapan
  18. Event (EO) MICE Organizer di Jayapura

CV Putra Wijaya Travel Agent | Event Planner | MICE Organizer menawarkan Paket Tour ke Destinasi Wisata Unggulan di Indonesia

1. Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Kantor Pusat)

Wonosobo, Kudus, Demak, Salatiga, Semarang, Blora, Rembang, Cepu. Banjarnegara, Wonosobo, Dieng, Temanggung, Kendal, Jepara, Magelang, Purworejo, Kebumen, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Boyolali, PurwodadiGrobogan, Klaten, Solo – Surakarta, Sukoharjo. Cilacap, Purwokerto, Purbalingga, Batang, Pekalongan, Tegal, Pemalang, Brebes – Provinsi Jawa Tengah.

2. Kota Jogja – Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Cabang)

Jogja, Bantul, Kulonprogo, Sleman, Gunung Kidul – Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. MICE Organizer area Provinsi Jawa Barat, Jakarta dan Banten

Banjar Patroman, Ciamis, Pangandaran, Tasikmalaya, Kuningan, Cirebon, Majalengka, Sumedang, Bandung Kota, Cimahi, Lembang, Garut, Cianjur. Sukabumi, Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Subang, Purwakarta, Indramayu – Provinsi Jawa Barat. Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur – Provinsi DKI Jakarta. Pandeglang, Tangerang, Cilegon, Serang, Serpong, Merak, Provinsi Banten.

4. Kota Surabaya, Jawa Timur (Cabang 1) dan (Cabang 2)

Banyuwangi, Situbondo, Jember, Bondowoso, Lumajang. Probolinggo, Bromo, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, BatuMalang. Kediri, Jombang, Blitar, Tulungagung, Kertosono – Nganjuk, Mojokerto, Tretes, Trawas, Pacet, Ngawi, Caruban Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Pasuruan, Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, Sumenep, Madura – Provinsi Jawa Timur.

5. Kota Denpasar, Bali (Cabang)

Singaraja, Badung, Buleleng, Bedugul, Tabanan, Mengwi, Ubud, Bangli. Denpasar, Kuta, Jimbaran, Uluwatu, Celuk, Gianyar, Canggu, Tanjung Benoa, Mengwi, Besakih – Pulau Bali.

6. Pulau Sumatera

Medan, Pematang Siantar. Bincai, Tanjungbalai, Tebingtinggi, Sibolga, Padangsidempuan, Gunungsitoli, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Tengah dan Selatan. Simalungun, Serdang Bedagai, Samosir, Pakpak Bharat, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Nias Utara, Selatan dan Barat, Mandailing Natal, Labuhanbatu, Karo, Deli Serdang, Palembang, Lubuklinggau. Bandar Lampung, Kota Metro, Way Kanan, Tulang Bawang Barat, Tanggamus, Pringsewu, Pesisir Barat, Pesawaran, Pekanbaru. Rute tujuan ke Dumai, Padang, Bukittinggi, Sungaipenuh, Kota Jambi, Tebo, Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Muaro Jambi, Sarolangun, Merangin, Batanghari – pulau Sumatera.

7. Pulau Kalimantan (Borneo)

Kalimantan Barat – Pontianak, Kalimantan Tengah – Palangkaraya, Kalimantan Selatan – Banjarmasin, Kalimantan Timur – Samarinda, Kalimantan Utara – Tanjung Selor.

8. Pulau Sulawesi

Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara – Pulau Sulawesi.

9. Nusa Tenggara Barat

Pulau Lombok, Pulau Sumbawa.

10. Nusa Tenggara Timur

Pulau Alor, Flores, Pulau Besar, Pulau Komodo, Pulau Lombien (Pulau Lembata), Pulau Mules, Pulau Ndana, Pulau Pakse, Pulau Palue, Pulau Pamana, Pulau Pamana Besar, Pulau Pantar, Pulau Rinca, Pulau Rote. Pulau Semau, Pulau Sawu, Pulau Solor, Pulau Sumba, Pulau Petrus.

11. Papua

Pulau Biak, Pulau Dolak (Yos Sudarso), Pulau Komoran, Pulau Num (Miosnum). Pulau Numfor, Pulau Room, Pulau Supiori, Pulau Wakde, Pulau Witau, Pulau Yamna, Pulau Yapen.

12. Papua Barat

Pulau Adi, Pulau Aiduma, Kepulauan Ayu, Pulau Batanta, Pulau Daram, Pulau Fam, Pulau Gag. Pulau Gam, Pulau Karas, Pulau Kofiau, Kepulauan Mapia, Pulau Maswaar, Pulau Misool, Pulau Rumberpon. Pulau Sabuda, Pulau Salawati, Pulau Sayang, Pulau Semai, Pulau Waigeo, Pulau War, Pulau Wayang.

CV PUTRA WIJAYA divisi Event (EO) & MICE Organize berkomitmen memberikan pelayanan dengan fasilitas terbaik sehingga Kepuasan dan Kesuksesan Acara Kegiatan sesuai harapan setiap client kami.

Menyediakan Sewa Perlengkapan Event & MICE Penunjang Organizer

  1. HT (Handy Talkie): alat elektronik yang sangat efektif digunakan sebagai media komunikasi dengan cepat. Pendukung panitia ataupun petugas event berkomunikasi dengan lebih cepat dan efektif.
  2. Sound System: Sound System, Mixer Allent & Heath T112 Ilive Digital, Mixer Allent & Heath QU32, Mixer Allent & Heath Dlive S7000, Mixer Allent & Heath Avantis, Music Instrument.
  3. Backdrop and Booth Production: Tenda atau booth dapat digunakan di acara pernikahan, acara sekolah, acara peresmian perusahaan, acara pameran dan acara – acara lainnya.
  4. Genset
  5. Lighting: Par LED Light, Moving Beam, Follow Spot, Halogen / HPIT 150Watt, Smoke Machine, Bubble Machine, Snow Machine, ACL, Par 64, Mixer Avolite, Fire Machine.
  6. Equipment Multimedia: LED Video Screen, LCD Proyektor, Screen Built Up, Mixer Video, Mixer Lighting, TV Plasma.
  7. Equipment Documentation: Kamera, Video Recording, Drone