Makanan Khas Surabaya Kuliner Terbaru 2023

Makanan Khas Surabaya viral Kuliner terbaru 2023 terdekat dan terkenal. Daftar Kuliner Makanan Khas Surabaya di kota Sby enak untuk sarapan, makan siang malam. Julukan kota ini selain dikenal sebagai Kota Pahlawan juga terkenal memiliki Tempat Makan di Surabaya yang Enak. Wisata kuliner Surabaya mencicipi beragam makanan khas Surabaya Jawa Timur. Masakan khas kota SBY bercita rasa pedas menggigit lidah, tempat makan di Surabaya legendaris.

Tersedia banyak pilihan minuman dan makanan khas Surabaya terdekat yang tentunya bisa menjadi referensi untuk #sahabatputrawijaya wisata kuliner. Terkait artikel tentang daftar makanan di Surabaya ini, team #travelblog #putrawijayatours yang biasa piknik akan meninggalkan jejak rekomendasi beberapa makanan khas Surabaya dan bahannya yang enak, murah hingga citra rasa berkualitas.

19 Makanan khas Surabaya Viral dan Terkenal🧡

Terdapat banyak sekali makanan khas Surabaya dan juga Jawa Timur yang bisa anda coba. Semua makanan kuliner ini sangat mudah anda jumpai di Surabaya. Cocok untuk Anda para pecinta kuliner untuk wajib mencoba makanan enak di Surabaya ini, sesuaikan dengan selera masing-masing ya.

Terutama bagi Anda pengunjung dari luar kota yang sedang mencari makanan khas Surabaya terdekat dari Hotel tempat Anda menginap, antara lain: sekitar Asemrowo, Benowo, Bubutan, Bulak, Dukuh Pakis, Gayungan, Genteng, hingga Gubeng.

Kemudian kuliner makanan viral Surabaya dekat dengan Gunung Anyar, Jambangan, Karangpilang, Kenjeran, Krembangan, Lakarsantri, Mulyorejo, Pabean Cantian, Pakal, Rungkut, Sambikerep, Sawahan, Semampir, Simokerto, Sukolilo, Sukomanunggal, Tambaksari, Tandes, Tegalsari, Tenggilis Mejoyo, Wiyung, Wonocolo, hingga Wonokromo.

Baca juga:

1. Makanan Khas Surabaya Lontong Balap🧡

Makanan Khas Surabaya Lontong Balap

Lontong balap menjadi salah satu makanan khas Surabaya No. 1 bagi masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Timur yang paling favorit dan banyak di cari terutama artis-artis. Komposisi untuk makanan enak di Surabaya ini terdiri dari lontong, taoge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal.

Makanan khas Surabaya yang pertama adalah Kuliner Lontong balap terdiri dari lontong yang diiris-iris dan di atas irisan lontong ini ditumpangi irisan tahu dan remasan beberapa lentho (bulatan kecil sebesar ibu jari dan dipencet ini bentuk lentho asli lontong balap, berbeda dengan lentho yang dipakai sekarang).

Kemudian kuliner Surabaya ini diatasnya ditumpangi kecambah setengah matang yang porsinya terbanyak dalam hidangan, setelah itu diambilkan kuah secukupnya, sambal dan kecap disesuaikan selera pembeli. Makanan ini dihidangkan dengan pasangannya yaitu, beberapa tusuk sate kerang.

2. Kuliner Surabaya Tahu Tek🧡

Tahu Tek Makanan Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya berikutnya Tahu tek adalah salah satu makanan khas favorit masyarakat yang berasal dari kota Lamongan. Masakan tahu tek Surabaya terdiri atas tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong kecil-kecil dengan alat gunting dan garpu untuk memegang tahu atau lontong, telur, kentang goreng, sedikit taoge, dan irisan ketimun dipotong kecil-panjang (seperti acar). Lalu setelah disiram dengan saus kacang dengan campuran petis di atasnya, ditaburkan kerupuk udang yang bentuknya kecil dengan diameter sekitar 3 cm.

3. Makanan Khas Surabaya Krengsengan🧡

Krengsengan adalah makanan favorit warga Surabaya yang biasanya terbuat dari daging kambing yang dipotong kecil (2X2 cm), yang diberi bumbu tumisan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, pala (dihaluskan terlebih dahulu) ditambah dengan kecap manis pada waktu memasak, sehingga tidak banyak berkuah dan berwarna coklat tua.

Ada juga yang dicampur dengan bagian jeroan kambing. Makanan khas Surabaya berbahan dasar daging kambing ini biasanya dijumpai di Surabaya bersama gulai kambing, dan tongseng yang juga menggunakan daging kambing. Makanan khas ini umumnya dikenal di Surabaya, Jawa Timur, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

4. Kuliner Surabaya Tempe Penyet🧡

Tempe Penyet adalah makanan khas Indonesia dari daerah Surabaya dan Jawa Timur. Makanan khas Surabaya ini dibuat dari tempe yang direndam di air kaldu dengan bumbu garam dan ketumbar. Tempe tersebut kemudian digoreng dan setelah masak disajikan dengan sambal. Nama penyet berasal dari bahasa Jawa yang artinya “lumat”. Ini merujuk pada tempe ini yang ditindih dan dilumatkan sedikit bersama sambal sebelum dihidangkan.

5. Makanan Khas Surabaya Lontong Mie🧡

Sekilas Lontong Mie Surabaya mirip dengan Lontong Balap. Bedanya kuah Lontong Mie Surabaya menggunakan udang sehingga rasanya lebih gurih dan segar. Ditambah mie kuning dan sambal petis yang gurih pedas. Makanan khas Surabaya ini patut untuk anda coba.

6. Kuliner Surabaya Lontong Kupang🧡

Lontong kupang adalah nama makanan khas Surabaya dan Jawa Timur. Makanan ini terkenal khususnya di daerah Arekan Jawa Timur. Di daerah pesisir timur Jawa Timur, lontong kupang yang terkenal adalah Kupang Kraton. Nama Kraton ini diambil dari suatu nama daerah atau suatu nama kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Sudah sejak lama penduduk daerah ini mencari dan berdagang kerang kupang, baik dijual mentah ataupun berupa kuliner (lontong kupang).

Masyarakat Surabaya dan Jawa Timur mempercayai apabila memakan lontong kupang sambil minum air kelapa muda atau dengan es batu yaitu es degan semua penyakit di dalam tubuh bisa hilang, manusia yang memakan itu pun menjadi sehat. Makanan khas Lontong kupang Surabaya biasa disajikan dengan sate kerang dan minum air kelapa muda yang disajikan bersama tempurung kelapa atau dengan gelas.

7. Makanan Khas Rawon🧡

Rawon adalah masakan khas Surabaya yang berasal dari Ponorogo yang berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek. Masakan rawon di Surabaya disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge berekor pendek, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal), dan sambal.

Beberapa warung makanan rawon yang cukup populer di antaranya adalah rawon Kalkulator di Taman Bungkul Surabaya,dan Rawon Setan di jalan Embong Malang Surabaya.

8. Kuliner Tahu Campur🧡

Tahu campur adalah salah satu makanan khas Surabaya kesukaan masyarakat Jawa Timur ini berasal dari kota Lamongan. Makanan tahu campur Surabaya terdiri dari sop daging sapi kenyal, kikil sapi, tahu goreng, perkedel singkong, taoge segar, selada air segar, mi kuning, dan kerupuk udang. Semua ini kemudian dicampurkan ke bumbu petis, bawang goreng, dan sambal. Pada perkembangannya tahu campur di Surabaya tidak selalui dihidangkan dengan kerupuk udang, tetapi juga bisa diganti dengan jenis kerupuk lain.

9. Kuliner Surabaya Sop Kikil🧡

Sop Kikil adalah salah satu makanan khas Surabaya. Makanan Surabaya ini bahan utamanya adalah daging sapi yang berurat (biasanya bagian kaki), sehingga ketika dimakan dagingnya terasa kenyal. Kuahnya merupakan kaldu dari daging tersebut, dicampur dengan kunir, sereh, bawang goreng dan bumbu lainnya. Salah satu makanan favorit masyarakat Surabaya ini disajikan panas dan dicampur jeruk nipis dan sambal sesuai selera.

10. Kuliner Sop Buntut🧡

Sop buntut adalah salah satu makanan populer masyarakat Surabaya dalam masakan khas Indonesia. Makanan sop buntut Surabaya terbuat dari potongan ekor sapi yang dibumbui kemudian direbus dan dimasukkan ke dalam kuah kaldu sapi yang agak bening bersama irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledri dan taburan bawang goreng.

Makanan khas Sop buntut di Surabaya dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lokal, seperti merica, pala, dan cengkih. Variasi yang relatif baru disebut makanan “Sop Buntut Goreng” Surabaya yaitu buntut goreng yang dibumbui disajikan kering, sementara kuah sup kaldunya disajikan dalam mangkuk terpisah.

Sedangkan “Sop Buntut Bakar” menjadi makanan khas Surabaya yang penyajiannya sama dengan sop buntut goreng, akan tetapi daging buntut dibumbui terlebih dahulu kemudian dibakar lalu disajikan dengan sup dalam mangkuk terpisah. Bahkan di beberapa rumah makan Padang di Surabaya makanan sop buntut dijadikan salah satu menu utama.

11. Kuliner Surabaya Kare Kambing🧡

Daging kambing merupakan salah satu bahan makanan yang cukup mudah diolah menjadi berbagai macam makanan yang enak di Surabaya. Salah satu makanan khas Surabaya yang berbahan dasar daging kambing cukup populer dan diminati oleh masyarakat Surabaya adalah kare kambing.

Kuah kare yang bercita rasa kuat dipadukan dengan daging kambing yang empuk menghasilkan cita rasa makanan kare kambing Surabaya yang nikmat dan menggugah selera.

12. Kuliner Surabaya Bakwan🧡

Bakwan merupakan salah satu makanan khas Surabaya, Jawa Timur. Makanan Surabaya yang merupakan hasil asimilasi dengan makanan khas Tiongkok ini berbahan utama daging sapi. Seporsi makanan bakwan Surabaya biasanya terdiri atas bakwan halus, bakwan kasar (mirip bakso urat), siomay basah, siomay goreng, tahu isi, dan usus isi yang disajikan panas serta ditaburi bawang goreng dan daun bawang. Makanan Surabaya ini juga biasa dimakan bersama nasi serta dicocol dengan saus tomat atau sambal.

Makanan khas Surabaya ini disajikan dalam kuah panas dengan aroma bawang putih dan daging. Kuah bakwan bening dan tidak pekat. Kuah bakwan Surabaya didapat dengan merebus tulang sapi dan menambahkan bumbu rempah di dalamnya sebagai penguat rasa. Dibandingkan dengan kuah soto, kuah bakwan mempunyai cita rasa lebih ringan.

13. Kuliner Nasi Sayur🧡

Nasi Sayur adalah salah satu makanan khas Surabaya. Makanan Surabaya sederhana ini bahan-bahannya antara lain sayur sawi, cabe, mie kuning dan daging ayam yang dimasak bersama-sama dengan bumbu khusus, kemudian di tumis jadi satu. hasil tumisan ini kemudian dituangkan di atas nasi putih atau nasi goreng sesuai selera.

Penjual di Surabaya biasanya menanyakan berapa banyak cabe yang ingin dicampurkan di dalam tumisan tersebut. Penjual di Surabaya biasanya juga menjual Nasi Goreng Jawa, Bakmi Goreng Jawa, Bihun Goreng Jawa. Pelopor makanan khas ini pertama kali adalah P. Djo yang sekitar tahun 1988 mulai berjualan di jalan Tidar Surabaya ( pada saat itu di samping tempat Biliard Aurora ).

14. Nasi Goreng Jawa🧡

Nasi goreng Jawa Surabaya adalah makanan khas Surabaya yaitu nasi goreng yang berbeda dengan nasi goreng China. Makanan Nasi goreng Jawa Surabaya biasanya dibumbui dengan sambal ulek, bawang, terasi, dan dan dimasak dengan kayu atau anglo. Selain itu, sering juga ditambahkan telur goreng, kerupuk, kubis dan timun. Sedangkan makanan Nasi goreng Jawa Khas Surabaya memiliki warna merah kecokelatan, porsinya besar agak pedas dengan lauk irisan telur dadar dan ayam.

15. Pecel Semanggi🧡

Semanggi atau Pecel Semanggi adalah sejenis makanan khas Surabaya, Jawa Timur, dibuat dari daun semanggi yang dikukus dan kemudian dinikmati dengan sambal pedas yang nikmat. Makanan semanggi Surabaya juga dapat dihidangkan dengan kecambah, kangkung, kerupuk puli yang terbuat dari beras, serta bumbu yang terbuat dari ketela rambat. Saus atau bumbu yang digunakan dalam makanan semanggi memiliki bahan baku serta rasa yang berbeda.

16. Makanan Khas Surabaya Rujak Cingur🧡

Rujak cingur adalah salah satu makanan khas Surabaya yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur terutama di daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa , kata cingur berarti “mulut”, hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan.

Makanan khas Surabaya berikutnya adalah rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, kerahi (krai, yaitu sejenis timun khas Jawa Timur), bengkuang, mangga muda, nanas, dan kedondong. Kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo, cingur, serta sayuran seperti kecambah/taoge, kangkung, dan kacang panjang. Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, dan irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diulek, kemudian diberi topping cingur. Jika tanpa cingur maka rujak Surabaya ini disebut rujak ulek.

Dalam penyajiannya, makanan khas Surabaya ini dibedakan menjadi dua macam, yaitu penyajian ‘biasa’ dan ‘matengan’. Penyajian ‘biasa’ atau umumnya, berupa semua bahan yang telah disebutkan di atas. Sedangkan ‘matengan’ hanya terdiri dari bahan-bahan matang saja seperti lontong, tahu goreng, tempe goreng, bendoyo dan sayur (kangkung, kacang panjang, tauge) yang telah direbus atau dikukus. Tanpa ada bahan ‘mentah’nya yaitu buah-buahan, karena pada dasarnya ada orang Surabaya yang tidak menyukai buah-buahan. Keduanya memakai saus atau bumbu yang sama.

Makanan kahs Surabaya ini disebut rujak cingur karena bumbu olahan yang digunakan adalah petis udang dan irisan cingur. Hal ini yang membedakan dengan makanan rujak pada umumnya yang biasanya tanpa menggunakan bahan cingur atau bibir sapi tersebut. Makanan rujak cingur Surabaya biasa disajikan dengan tambahan kerupuk udang dan dengan alas pincuk (daun pisang) atau piring.

17. Gado-Gado🧡

Gado-gado adalah makanan khas Surabaya terfavorit masyarakat berasal dari Jakarta berisi sayur-sayuran yang direbus, irisan telur dan tahu, serta ditaburi bawang goreng dan kerupuk. Sayur-sayuran ditambahkan dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah yang telah dihaluskan yang kemudian diaduk merata.

18. Pecel🧡

Pecel adalah makanan khas Surabaya tradisional masyarakat Jawa Timur yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Makanan di Surabaya ini biasanya dihidangkan dengan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya dan dicampur dengan aneka jenis sayuran. Pecel populer terutama di wilayah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur khususnya di Surabaya. Secara etimologi, “pecel” berasal dari bahasa Jawa dapat diartikan sebagai ‘tumbuk’ atau ‘dihancurkan dengan cara ditumbuk’.

19. Sego Sambel Mak Yeye🧡

  • Alamat: Jalan Jagir Wonokromo Wetan No. 10, Jagir, Wonokromo, Surabaya
  • Sambel Mak Yeye buka dari pukul 21.00 WIB sampai habis

Makanan khas Surabaya Nasi Sambal atau Sego Sambel Mak Yeye pertama kali buka sejak tahun 1982, mengeni kuliner khas Surabaya ini menyajikan menu penyetan yang sederhana. Kemudian ada beberapa pilihan lauk pauk yang bisa Anda pilih, mulai dari tempe, tahu, telur, hingga ikan pari.

Per porsi menu makananan khas Surabaya Sego Sambel Mak Yeye dibanderol mulai dari harga Rp 15.000. Jika Anda berniat untuk mencicipi kuliner pedas Surabaya ini, maka harus bersabar untuk mengantri panjang.

Itulah beberapa makanan khas Surabaya dan daerah Jawa Timur yang bisa kamu temukan di kota Surabaya. Jika ingin mengetahui lokasi kuliner di Surabaya yang menyajikan makanan dengan rasa enak dan lezat.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected!!